Set Folder Permission di ASP.NET

3 Comments

1 hari kemarin aku cukup kesal dengan yang namanya permission di windows, baru tahu juga kalo di windows juga ada permission kayak di linux dan unix, tapi menurutku ga senyaman yang ada di linux dan unix soalnya aneh aja.

Jadi begini ceritanya sehingga aku sempat kesal yang .NET ini dan sempat merasakan apa yang dirasakan oleh Pak Toosa, salah satu aktivis edubuntu Indonesia, yang kemarin cerita bahwa dia dulunya adalah programmer VB namun gara-gara satu bug yang ada di VB dia kesal bukan kepalang, karena bukan karena programnya yang dodol, tapi ada bug di VB nya tapi ga bilang-bilang (ya iyalah masak ada bug bilang-bilang).

Yang aku alamin, pertama aku khan membuat sebuah AppManager (lumayan keren namanya, aku yang buat ga pake Jatisxx lagi). AppManager ini merupakan aplikasi web yang digunakan untuk mengontrol aplikasi demon yang dimiliki (agent di sini disebutnya). Nah agent yang dibuat Yudi dan aku, adalah agent yang memasukkan data excell ke database (jatis2). Ternyata kalo dijalankan lewat web ini, ga bisa jalan :((, sempat menyalahkan databasenya , karena errornya adalah acces denied, namun ternyata user ASPNET, user ketika menjalankan ASP.NET, ga boleh ngejalanin aplikasi di windows. Akhirnya dapet penjelasan di sini . Kesel banget ga sih??

Akhirnya agentnya diganti, kalo yang awal untuk baca file excell pake excell aplication (jadi aplikasinya ngejalanin aplikasi excell) dengan memakai oledb dengan provider nya excell. Baru tau kalo ternyata bisa juga baca excell, jadi bisa select * from blabla juga kayak database biasa. Ok sekarang merasa masalah beres. Ternyata tidak!! 😦

Masalah berikutnya, file yang telah dibaca harus dihapus.. nah ga bisa menghapus ternyata, arrghh gara-gara ini pula terlambat pulang sehingga ga nonton Indonesia vs Korsel, untung aja Indonesia kalah, jadi sekarang ga perlu lagi orang Indonesia ngabisin waktunya sekitar 120 menit untuk menonton TV, khan udah ga ada yang mo didukung, ayo kerja kerja kerja…

Akhirnya tanya ke sang MSA ITB, bung Ronald. Dia bilang kalo itu masalah folder permission. Terus dia bilang klik kanan folder -> properties -> tab security. Aku melakukan apa yang dia bilang and I got this one.

properties1.png

Dimana tab securitynya?? Damn… Ternyata itu terjadi gara-gara viewnya. Jadi buka control panel -> folder option -> tab view

properties2.png

Uncheck properties “use simple file sharing(Recommended)

And then I got this one.

properties3.png

Aku tambahkan user ASPNET dan kuset full control. My problem has been solved. Yosh thanks … and never stop trying even you got stuck….

Every problem has its solution, doesn’t it?

Cache.insert

4 Comments

Sedang berkutat dengan yang namanya cache, untuk menangani data yang disimpan setiap kali ada aksi di web asp.net yang sedang kubuat.

Cache merupakan salah satu fungsi untuk menyimpan dan membuang cache di asp.net. Berikut beberapa fungsi yang aku pakai terkait dengan hal ini :

  • Cache.insert(key as string, value as object)
    Fungsi ini untuk memasukkan data ke cache, contoh adalah cache.insert(“nilai”, 1000)
  • Cache.remove(key as string)
    Fungsi ini untuk menghapus cache data, contoh adalah cache.remove(“nilai”)
  • Cache.get(key as string)
    Fungsi ini untuk mendapatkan cache data, contoh :
    dim i as integer
    i = ctype(cache.get(“nilai”),integer)

Kelebihan yang aku suka adalah bisa memasukkan jenis tipe data apapun dan bisa diambil dalam tipe data yang sama. Yup merupakan salah satu message passing antar halaman web selain cookies dan session.

Yup semoga bermanfaat…

NB : actually I got stuck with my codes so i write this, hope I can get the solutions… aarrgghh it’s because of connectionless…

Register ASP.NET di IIS

6 Comments

Dua hari ini aku mendapat masalah, web ASP.NET yang kubuat tidak mau tampil di browser, muncul pesan error :

XML Parsing Error: not well-formed aspx …

Hari pertama sempat frustasi, sempat kepikiran mau nginstall ulang, tapi teringat kalau seorang yang ngakunya engineer ga boleh dong langsung menyerah begitu saja, akhirnya kuputuskan untuk mencari solusinya dengan bantuan mbah google tentunya. Setelah beberapa keyword aku masukkan akhirnya aku tahu bahwa:

  • Penyebab hal itu terjadi adalah karena aku menginstall .NET framework dulu baru IIS, sehingga file aspx tidak dianggapnya sebagai extensi yang valid sehingga dia nampilin apa adanya tanpa diproses. Jadilah kode-kode yang dibuat ga dikenal
  • Untuk memperbaikinya lakukan hal di bawah ini:

Fix the ‘XML Parsing Error’

Click Start > Run, and type the following command depending on which ASP.NET framework is in use by the default web site in your IIS.

ASP.NET 2.0 Framework

%Windir%\Microsoft.NET\Framework\v2.0.50727\aspnet_regiis.exe -i

ASP.NET 1.1 Framework

%Windir%\Microsoft.NET\Framework\v1.1.4322\aspnet_regiis.exe -i

Yup semoga berguna buat yang belajar ngedotNET hehehe… kayak aku neh… wkwkwk