Minggu pertama tahun 2012, saya mendapat giliran untuk presentasi di depan rekan-rekan kantor yang lain. Di kantor saya, ada sebuah kebiasaan setiap dua minggu sekali, semua orang bergiliran melakukan presentasi tentang apa saja, kadang IT, design, kadang curhat dan sebagainya. Ketika saya mendapatkan giliran, cukup bingung juga mau berbicara tentang apa, mengingat posisi sebagai CEO tentu harus bisa membawakan materi yang memotivasi tim untuk memasuki tahun baru 2012.

Kebetulan ada seseorang yang saya follow di twitter memberikan link sebuah presentasi yang menarik di slideshare. Berikut presentasinya.

Presentasi menarik tentang pelajaran bisnis yang didapat dari game Battlefield, sebuah game genre one person shooter. Adapun isi dari presentasi tersebut adalah kunci sukses memenangkan peperangan di dunia bisnis, yaitu:

  • Pick Your Team : pilih anggota tim yang sesuai mulai dari kebutuhan bisnis itu sendiri (misalkan kalau butuhnya orang marketing jangan hire programmer), kondisi keuangan perusahaan, hingga chemistry anggota tim itu apakah sesuai dengan anggota tim yang lain atau tidak. Pastikan juga semua anggota dalam tim memiliki kemampuan yang berbeda sehingga bisa saling support satu sama lain.
  • Use TeamWork : Together Everyone Achieve More adalah kepanjangan dari TEAM. Oleh karena itu semua orang dalam perusahaan haruslah bisa bekerja sama. Kebetulan anggota timku kebanyakan orang hebat, masing-masing bisa sebenarnya bekerja sendiri, namun dengan menjadi tim kami harus bisa menjadi lebih hebat, lebih produktif, kalau dalam slide tersebut dengan bekerja dalam tim yang kerjasamanya bagus, bisa menghasilkan hasil 10 kali lipat dibandingkan kerja sendiri.
  • Have a Plan :Failing to plan is plannging to fail sebuah pepatah yang sering didengar, gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal. Hal ini berlaku untuk apapun baik itu entitas bisnis, organisasi, atau bahkan individu. Oleh karena itu kita harus memiliki rencana apa sih yang mau kita lakukan, apa sih yang ingin dicapai, bagaimana sih mencapai target yang diinginkan dan sebagainya.
  • Establish CheckPoints : CheckPoint adalah target-target yang harus dicapai, misalkan kuartal 1 harus mendapatkan klien sebanyak 5 buah dengan omset sebesar 500 juta. Kalau misalkan target tersebut tercapai, perusahaan bisa menambah resource untuk mempercepat RnD yang diharapkan produknya bisa launching di kuartal 2. Dengan adanya checkpoint yang jelas, semua orang tahu apa yang harus dilakukan, tantangan apa yang sedang dihadapi.
  • Know Your Enemy : Kita harus tahu siapa yang menjadi kompetitor kita, siapa yang menjadi benchmark dari perusahaan kita. Apa kelebihan yang bisa ditiru, apa kekurangan yang membuat kita bisa memenangkan persaingan. Dengan mengetahui siapa musuh/kompetitor akan membawa perusahaan berada di depan.
  • Pick Your Approach : Ada banyak strategi, bisnis model dan metode pengelolaan perusahaan yang ada, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Perusahaan harus bisa memilih jangan bingung sehingga nantinya malah bingung mau kemana. Hal ini cocok sekali karena pernah mengalami ketika masih dalam masa-masa palu gada, apa lu mau gua ada. Perusahaan bingung mau bergerak seperti apa, dan hasilnya akhirnya kurang maksimal.
  • Pick The Right Weapon : Ada banyak senjata yang tersedia, masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Kita harus bisa memilih senjata yang paling tepat. Kebetulan di perusahaanku sekarang ada beberapa senjata tersedia, PHP dengan berbagai framework, Java dengan beberapa framework, mobile application di beberapa platform, mungkin yang kurang adalah senjata untuk marketing dan internal perusahaan yang perlu diupgrade.
  • Know Your Vehicles : Kendaraan apa yang mau dipakai untuk mencapai target. Contoh misalkan untuk produk ngomik.com ingin mencapai 100 ribu registered user tahun ini. Apa yang bisa digunakan untuk mencapai target itu? Menggunakan word of mouh, paid advertising, offline marketing atau apa? Setiap kendaraan punya fungsinya masing-masing. Ada yang cepat tapi untuk jarang jauh, ada yang murah, ada yang aman dan sebagainya.
  • Focus :See your target, hit your target. Apa nih target yang ingin dicapai? Bagaimana mencapainya? Kemudian capai target itu. Jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu fokus. Kalau yang ingin dicapai dalam tahun ini adalah produk a,b,c jika kemudian ada tawaran proyek yang menggiurkan, jangan sampai target produk a, b, c tersebut malah hilang fokus.
  • Don’t Rush It : Jangan tergesa-gesa. Tindakan yang tergesa-gesa malah bisa mengorbankan tim. Ketahui kemampuan diri, apakah memang sedang bisa ngebut atau sedang harus jalan pelan-pelan.

Mungkin itu sharing yang bisa saya sampaikan dari slide ini. Knowing is half the battle, dengan mengetahui ilmunya kita siap menghadapi peperangan dan memenangkannya.

GO GO GO!!!