Sudah hampir dua minggu kantorku pindah ke tempat baru, jika sebelumnya di kebon bibit utara yang dekat dengan rumah, sekarang pindah ke Surapati Core yang berjarak sekitar 6 km dari rumah. Jika dulu ke kantor dengan berjalan kaki, sekarang saya ada dua pilihan apakah mau naik angkot caheum – ledeng atau bersepeda. Berkat dorongan si istri, kalau tidak ada halangan saya bersepeda.

Jika dulu susah sekali meluangkan waktu untuk berolahraga, sekarang lebih mudah. Hampir tiap pagi dan sore hari harus mengayuh sepeda dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Tidak terlalu melelahkan tapi cukup berkeringat.

Berkaitan dengan bersepeda, ada gambar menarik tentang hal ini.

Di situ simulasikan tempat yang dibutuhkan untuk memindahkan 60 orang. Di gambar itu dilihatkan kalau pakai mobile seperti apa, kalau pakai bus seperti dan pakai sepeda seperti apa. Memang saat ini, jalanan sudah tidak nyaman. Banyak sekali kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor. Khususnya mobil, yang sering saya perhatikan adalah banyak yang satu mobil hanya diisi oleh satu orang penumpang. Kebayang khan mobil yang sebesar itu diisi oleh satu orang. Tentu saja jalanan akan cepat penuh.

Beberapa waktu lalu juga diceritakan oleh seorang kawan yang bekerja sebagai sales mobil. Dalam sebulan dia ditarget untuk menjual minimal 4 buah mobil. Di showroom dia, ada sekitar 10 orang sales yang selevel dengan dia. Di bandung ada sekitar 8 showroom dan itu hanya untuk satu merek mobil (daihatsu). Dengan hitung-hitungan itu maka dalam sebulan untuk mobil daihatsu di bandung akan ada 4x10x8 = 320 mobil baru setiap hari.

Kita semua harus mulai memikirkan masalah trasnportasi ini, karena jika tidak maka waktu kita yang sangat berharga akan terbuang sia-siang dengan bermacet ria di jalan. Selain itu masalah polusi dan ekonomi juga berjalan seiring dengan masalah trasnportasi. Angkutan massal yang nyaman, aman, dan murah mungkin merupakan solusi terbaik yang diberikan, namun sepertinya sangat sulit sekali merealisasikannya di negara ini.

Semoga dengan bersepeda bisa menjadi sehat, paling tidak bisa mengurangi polusi dan kepadatan kendaraan di jalan raya.