Tahun 2010 akan segera berakhir. Setahun, 365 hari tidak terasa. Ada banyak kejadian menyenangkan, menegangkan, menantang, bingung, bimbang dan ragu di tahun ini.

  1. Keluarga
    Di awal 2010, tepatnya tanggal 10 Januari, saya dan istri saya dianugerahi seorang putri, Izzatunnisa Muthmainnah. Lahir dengan bobot yang berat setelah melewati perjuangan proses melahirkan yang sangat berat, kami berdua, saya dan istri saya, bersyukur dengan amanah ini.
    Selama setahun ini, saya dan istri saya belajar untuk saling memahami dan membantu. Izza cukup menyita waktu dan energi setiap harinya.
  2. Bisnis
    Di akhir 2009, saya memimpikan 2010 akan menjadi tahun yang sangat keren terutama di bidang bisnis yang sedang saya rintis. Di awal-awal 2010, berhasil membuat tiga bisnis baru sesuai dengan target yang dicanangkan. Namun tidak lama dua bisnis baru tersebut terpaksa harus dihentikan karena satu dan lain hal. Di sini saya belajar, kehilangan uang tidak terlalu menakutkan,  pengalaman yang diberikan sungguh berharga.
    Javan IT Services, perusahaan IT yang saya dirikan, secara keuangan tidak terlalu menyenangkan, tapi saya bersyukur tidak mengalami defisit. Di tahun ini, Javan mencoba untuk membuat produk, yang paling dibanggakan adalah ngomik.com dan mobile qur’an.
  3. Spritual
    Tidak terlalu bahagia dengan capaian kualitas ibadah di tahun 2010. Intensitas ibadah sunnah jarang dilaksanakan.

Yesterday is passing away, yang bisa kulakukan hanyalah menjadikan masa lalu sebagai pelajaran agar ke depannya lebih baik lagi.