Sering merasa kalau ketika bekerja aku sering melakukan hal-hal yang tidak berguna. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melihat status YM, entah berapa kali sekali dalam sehari aku bolak-balik melihat apa status teman di YM. Padahal kebanyakan status yang dipasang adalah curahan isi hati si teman, tidak akan terkait dengan diriku. Memang sih terkadang ada beberapa status penting, namun tidak selalu.
  • Blogwalking, entah kenapa blogwalking ketika bekerja terasa sangat enak. Padahal hal ini sungguh mengganggu produktivitas. Semestinya blogwalking dikerjakan di waktu santai kecuali kalau memang blog yang dikunjungi berkaitan dengan apa yang sedang dikerjakan.
  • Facebook, twitter, plurk dan situs jejaring sosial lainnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut dan tidak tahu kenapa mudah sekali kecanduan. Aneh sering sekali mempublikasikan diri sendiri agar orang lain tahu. Memang penyakit narsis dan ingin diperhatikan sudah mewabah dan merajalela.
  • Situs berita, detik.com, kompas.com, okezone.com dan lainnya, padahal kebanyakan beritanya sama, dan kebanyakan diulang. Sebuah berita dibuat menjadi beberapa artikel berita. Mending kalau yang dilihat adalah berita nasional, berita keuangan atau sejenisnya yang berpengaruh besar terhadap diri, kalau yang dibuka detikhot yang jelas-jelas gosip, detiksport yang cuman berisi berita tentang klub olahraga.
  • Googling hal-hal tidak berguna, misalnya masukin nama inceran atau nama pacar ke google sebagai keyword agar tahu dimana si dia aktif di dunia internet.
  • Lihat foto, segala foto dilihat. Kenapa tidak dilakukan nanti saja setelah pekerjaan.

Yah memang seperti itu keadaaan saat ini, banyak hal tidak produktif sering dilakukan ketika bekerja. Kurangi yuk, fokus ke pekerjaan yang harus diselesaikan entah itu proyek, riset, atau sekedar meningkatkan kemampuan diri. Daripada habis untuk hal tidak berguna seperti beberapa yang saya sebutkan diatas.