Jalan-jalan hari ini mendapat sebuah link yang sangat menarik dan mencerahkan, judulnya adalah “Startup Funding”, bercerita tentang bagaimana mendapatkan pendanaan bagi perusahaan yang beru berdiri. Cerita lengkapnya bisa dibaca di http://www.paulgraham.com/startupfunding.html.

Bagian yang menarik dari artikel tersebut adalah dikatakan oleh dia perusahaan startup adalah perusahaan yang bisa membuat produk yang bisa dijual ke pasar, bukan produk yang dibuat khusus untuk seorang konsumen saja. Hal ini menjadi pencerahan bagiku karena sampai sekarang, perusahaan yang sedang aku rintis masih belum bisa membuat produk, masih hidup berdasar ‘belas kasihan’ orang-orang yang butuh custom application, walaupun mungkin sebenarnya bisa saja ini menjadi keunikan, namun benar yang dikatakan dalam artikel itu, margin keuntungannya kecil.

Jadi kesimpulan setelah membaca artikel itu, bikin perusahaan, lakukan apapun (tapi halal tetap menjadi prioritas utama) untuk bisa membuat perusahaan hidup, buat sebuah bahkan kalau bisa banyak produk yang bisa dijual ke banyak konsumen. Hem… sekarang ada PR lagi buatku, apa ya produk yang bisa kubuat, dibutuhkan banyak orang dan laku di pasar??? hem… semoga menemukan artikel lain yang mencerahkan tentang masalah ini.