Mungkin sudah banyak yang tahu teknik sederhana ini, namun saya ingin mendokumentasikan takut-takut suatu saat aku membutuhkannya lagi yaitu teknik mengkonversi file audio berformat .wav menjadi .mp3 di Ubuntu (kalau di windows seharusnya sudah banyak yang tahu perangkat lunaknya).
Music


Kali ini saya menggunakan lame, sebuah aplikasi untuk mengkonversi file audio ke format .mp3

NAME
lame – create mp3 audio files

SYNOPSIS
lame [options] <infile> <outfile>

DESCRIPTION
LAME is a program which can be used to create compressed audio files.  (Lame ain’t an MP3 encoder).  These audio files can be played back by popular MP3 players such as mpg123 or madplay.  To read from stdin, use “-” for <infile>.  To write to stdout, use a “-” for <outfile>.

Cara untuk menginstall lame di ubuntu sudah sangat mudah, cukup menjalankan perintah

sudo apt-get install lame

Untuk mengkonversi file .wav ke .mp3 seperti kasus yang saya alami cukup jalankan perintah pada terminal

lame fileinput.wav fileoutput.mp3

That’s all!!!

Kali ini saya menggunakan lame karena ada klien dari perusahaan saya yang minta tolong untuk dibuatkan website, nama kliennya adalah Iwan Mahatma Dewantara, seorang musisi yang cukup hebat mengingat dirinya lulusan dari sebuah SLB. Beliau minta untuk dibuatkan sebuah website yang bisa mempromosikan hasil-hasil karyanya berupa musik jazz. Untuk melihat demo dari karya beliau bisa langsung melihat di websitenya.