Mungkin ini adalah satu bidang bisnis yang dulu tidak terbayang. Sebagai aktivis linux dan open source, dulu aku cuman jago bercuap-cuap. Bilang bahwa linux dan aplikasi oss itu sudah sebagus aplikasi dan os propetriary, namun tidak pernah turun langsung ke lapangan. Hingga aku dan teman-temanku membulatkan tekad untuk membuat perusahaan sendiri.

Salah satu unit bisnis yang sedang berjalan saat ini adalah warnet. Warnet Javan terletak di Jl Kebon Kembang 241 Bandung. Pada awalnya sangat susah juga mengedukasi client agar terbiasa. Untunglah saat ini pelanggan warnetku tidak paranoid lagi dengan linux, malah aku yang paranoid dengan windows sekarang karena pernah mencoba pakai windows tapi malah ke serangan virus dan networknya kacau.

Yup, paling tidak aku membuktikan kalau linux dan aplikasi oss sudah sebagus yang propetriary, walau sebatas untuk keperluan browsing, office sederhana dan printing.

Warnetku sekarang menggunakan sistem operasi ubuntu 8.04 untuk client dan server, untuk aplikasi billingnya menggunakan gbilling, sebuah aplikasi open source karya anak bangsa. Salut sama pembuatnya.

Yup, ada yang mau memigrasikan warnetnya ke linux? Kontak Javan ya…😛