Dalam dunia sistem operasi, mungkin yang sering adalah linux, ada sebuah istilah yang sering terdengar yaitu remastering. Definisi remastering yang ada di wikipedia

Remastering is the process of making a new master for an album, movie, or any other creation. It tends to refer to the process of porting a recording from one analogue medium to another digital one, but this is not always the case.

Remastering linux adalah sebuah proses untuk membuat sebuah linux baru dari linux yang sudah ada. Contoh hasil dari remastering linux ubuntu adalah OSGX yang beberapa waktu lalu mendapat peringkat 2 pada lomba penelitian tingkat himpunan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Hasil remastering linux adalah linux yang mirip dengan linux induk namun telah mengalami beberapa modifikasi yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan linux induk, misal tema tampilan, perangkat lunak yang terbundel dengannya dan sebagainya.

Tujuan dari remastering linux adalah linux induk yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Jikalau bisa memenuhi, diperlukan suatu proses atau usaha misalkan menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Proses remastering ini membuat usaha tersebut tidak perlu dilakukan karena proses intalasi telah dilakukan oleh pengembang. Sebagai contoh adalah OSGX. OSGX dirancang dan dibuat berdasar analisis tentang perangkat lunak yang diperlukan selama belajar di ITB. OSGX diharapkan kebutuhan aplikasi mahasiswa ITB bisa terpenuhi dengan sekali proses instalasi.

Perlukah proses remastering? Dibilang perlu sehingga jika tidak dilakukan akan mati misalnya itu tidak, namun proses remastering mempermudah jika ingin mempermudah user yang membutuhkan spesifik aplikasi dengan sekali install. Misal ada 100 calon pengguna komputer. Tiap pengguna butuh aplikasi office, akuntansi, design grafis, tanpa ada game serta tema dibuat sama semua. Hal ini akan membutuhkan usaha yang cukup besar jika menggunakan sebuah sistem operasi yang tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Akibatnya satu persatu diulang proses instalasi terhadap aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Dengan membuat remastering yang sudah lengkap, cukup proses instalasi sistem operasi tanpa perlu lagi melakukan usaha instalasi aplikasi. Walaupun sebenarnya ada cara lain misalkan dengan membuat master installer.