A ‘Web service’ (also Web Service) is defined by the W3C as “a software system designed to support interoperable machine-to-machine interaction over a network[1]. Web services are frequently just Web APIs that can be accessed over a network, such as the Internet, and executed on a remote system hosting the requested services.

Secara singkat, web service merupakan fungsi-fungsi yang disediakan oleh satu pihak (penyedia web service) yang bisa dipakai oleh siapapun atau yang berhak yang dieksekusi bisa secara remote. Contoh penyedia layanan web service yang paling banyak saat ini adalah google, dia menyediakan web service seperti google map, google calendar dan sebagainya. Dengan web service yang disediakan google tersebut seorang developer bisa membuat website yang mempunyai google map.

Bagaimana di Indonesia? Aku belum menemukan (kalo ada yang tahu sharing-sharing ya) penyedia layanan web service publik seperti google. Padahal ada banyak kebutuhan, terutamanya adalah info dari pemerintah. Contoh fungsi yang mungkin dibutuhkan adalah kurs pajak dari website www.pajak.go.id, daftar kecamatan, kabupaten dan propinsi dan lain sebagainya. Perlu ga perlu sih sebenarnya🙂