Business Process

Business Process adalah sebuah himpunan aktifitas atau proses yang ditujukan untuk menghasilkan
keluaran yang spesifik pada pelanggan atau pasar tertentu. Definisi lain mengatakan bahwa Business process sebagai sebuah langkah-langkah untuk menghasilkan sebuah produk atau service. Secara umum, Business process adalah sebuah kumpulan dari pekerjaan-pekerjaan yang saling berhubungan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Business process merupakan inti dari seluruh aktivitas pada suatu perusahaan atau organisasi. Untuk mencapai tujuan perusahaan, Business process lah yang akan memberdayakan seluruh sumber daya yang ada pada perusahaan. Tapi yang perlu diketahui  dalah bahwa setiap bisnis memiliki proses masing-masing yang unik, sesuai dengan karakteristik dari perusahaan dan bidang usahanya, seperti proses pembuatan produk ataupun layanan baru, pengadaan supply, menjawab pertanyaan pelanggan, ataupun rekruitasi karyawan baru, yang tentunya memiliki perbedaan karekteristik tersendiri untuk setiap perusahaan.

Outsourcing

Outsourcing merupakan penyerahan tanggung jawab kepada pihak luar. Pihak pengguna jasa, tidak lagi bertanggung jawab terhadap bagian yang diserahkan kepada outsourcer (pihak yang menyediakan jasa outsourcing).

Business Process Outsourcing

Business Process Outsourcing (BPO) didefinisikan sebagai perpindahan business process suatu perusahaan dari dalam perusahaan ke penyedia layanan di luar perusahaan tersebut [DUT05]. Secara umum, BPO menyediakan sebuah layanan untuk melakukan sebagian business process dari perusahaan tanpa harus menjadi bagian dari perusahaan itu sendiri.

Pelaksanaan BPO sendiri didukung sedikitnya dua pelaku utama yaitu:

  1. Penyedia layanan BPO.

Penyedia layanan ini biasanya
berupa perusahaan atau aplikasi yang berjalan dengan menggunakan konsep outsourcing.

  1. Pengguna layanan.

Pengguna layanan pada umumnya
adalah perusahaan yang menginginkan adanya outsourcing
Business process
yang bukan merupakan
core-competence dari perusahaan itu.