2 hari lalu dapat kerjaan, suruhan atau apalah namanya, membuat website baru, sebenarnya yang diminta adalah menambah fitur e-payment untuk aktivasi internet di ITB. Namun karena pertimbangan website yang lama (http://nic-ng.itb.ac.id) kurasa rada kurang bener designya, memutuskan untuk membuat baru, selain untuk mengintegrasikan beberapa layanan yang saat ini berdiri sendiri-sendiri, user harus melakukan login berulang kali untuk melakukan hal yang bisa dikatakan sama.

Fitur yang diminta untuk diubah adalah metode aktivasi internet. Saat ini di ITB, aktivasi internet menggunakan sistem voucher. User membeli voucher di Comlabs dimana voucher tersebut mempunyai serial number. Melalui website NIC, serial tersebut dimasukkan dan secara otomatis akun internet yang bersangkutan akan diperpanjang. Metode ini ingin diubah menjadi bersifat e-payment. User menyetor sejumlah uang sebagai tabungan atau credit, dengan uang itu user bisa melakukan pembelian berbagai layanan yang tersedia di ITB. Untuk tahap awal adalah layanan aktivasi akun internet. Fitur ini akan ditambah dengan pembayaran dengan menggunakan RFID atau smart card (yang ini sebenarnya masih belum begitu kebayang teknis pembayarannya).

Akhirnya berfikir kira-kira apa saja yang akan aku buat kemudian ingin melihat status perkembangan dari framework PHP favorit, CakePHP, ternyata sudah mencapai versi RC1, bukan beta lagi. Akhirnya memutuskan untuk membuat websitenya dengan CakePHP RC1 (website yang lama juga pake CakePHP versi 1.1). Kerja sejak kemarin dengan workload yang rendah banget (entah lagi males banget :(), hingga hari ini sudah bisa menyelesaikan fitur major yang dibutuhkan. Sangat cepat, terutama fitur paginate yang disediakan sangat membantuku.

Semoga cepat selesai lah, kalo dah selesai berencana resign dan melepas tanggung jawab ini. Tapi sebenarnya ga pengen sih, tapi kadang ga enak juga di hati pegang tanggung jawab tapi kerjanya setengah-setengah kayak sekarang.