Mendapat sebuah saran dari seorang kakak atas masalahku dimana aku sering kurang fokus dengan target-target yang ingin aku capai, entah itu tugas (ambillah contoh tugas akhir), pekerjaan ataupun apa yang akan kujalani dalam hidupku.

Seringkali aku bingung dengan sebuah pertanyaan “apa lagi ya yang harus aku kerjakan?”. Pertanyaan itu sebenarnya tidak mungkin ada, karena banyaknya kewajiban yang harus kukerjakan. Memang benar kata seorang guru yang bilang kewajiban manusia lebih banyak dari waktu yang dipunyainya. Namun kenapa pertanyaan itu sering muncul?

Yup benar, kurang fokus itulah kunci masalahnya. Bingung, padahal sebenarnya ada sebuah daftar tugas yang harus dikerjakan. Siang ini aku dinasehati oleh kakak itu (dalam konteks project dan tugas akhir) bahwa aku perlu membuat checklist. Beri tanda jika checklist itu sudah selesai dikerjakan.

Tampak panjang checklistku -_-…