Dulu ketika masa-masa awal aku belajar segala hal yang berbau IT, aku sering direpotkan dengan ketakutan bagaimana mengimplementasikan, bagaimana membuat dan segala pertanyaan bagaimana. Namun seiring dengan pengalaman, pengetahuan dan teman yang saling berbagi, teknologi serasa sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan. Tidak ada yang tidak mungkin untuk direalisasikan, semuanya bisa ada dengan mudahnya.

Namun seiring dengan kemudahan itu, muncul lagi berbagai masalah baru. Jika dulu pertanyaan yang dipertanyakan adalah sekarang yang dipertanyakan adalah apa. Apa yang akan dibuat? Apa yang merupakan inovasi baru? Apa yang tidak pernah terpikirkan orang lain? Bagaimana menjadi yang terbaik dan pertama.

LTSP dengan Ubuntu untuk solusi jaringan komputer murah, Openfire untuk server jabber dengan beberapa plugin, single sign on untuk multiple sistem, linux yang semakin handal dan user friendly, webservice untuk komunikasi multiplatform dan lain-lain. Apa lagi yang kurang? Semua sudah tersedia…

Ada yang belum tersedia… ide, kemauan, kemampuan, dan pengakuan….