Bagi sebagian orang, yang ditakutkan ketika melepaskan diri dari orang tua (baca: ingin mandiri atau memang sudah saatnya mandiri) adalah bagaimana caranya hidup, bagaimana cara mendapat uang, bagaimana mendapatkan penghasilan dan sebagainya yang akhirnya UUD (Ujung-Ujungnya Duit) kata Slank. Aku pernah mengalami hal ini ketika lulus SMA dan beruntungnya diriku aku mendapat beasiswa dari orang tuaku hingga saat ini. Namun beberapa orang tidak seberuntung aku, benar-benar harus mencari jalan agar bisa tetap hidup.

Selama menjadi mahasiswa, ada beberapa cara yang aku tahu untuk bisa mendapatkan penghasilan, tentunya yang aku sebutkan adalah cara-cara yang halal, legal dan tidak melanggar hukum baik agama maupun hukum di dunia.

Menjadi pedagang

Ada banyak barang dagangan yang bisa dijual selama menjadi mahasiswa, kalo aku dulu pernah jualan donat, sekarang teman-temanku juga masih ada yang jualan donat, kue basah, minuman, kaos dan lain-lain. Keuntungan yang didapat cukup besar sehingga bisa dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Menjadi pengajar

Standar mahasiswa, ngebohongin anak-anak sekolah😀. Dengan menjadi pengajar di bimbel atau privat, penghasilannya cukup lumayan. Di Bandung rata-rata yang aku tahu mendapat honor 35 ribu / ngajar dengan durasi 1,5 – 2 jam.

Menjadi penjaga warnet

Menjadi penjaga warnet cukup lumayan penghasilannya. Dulu aku pernah dibayar 2 ribu/jam. Cukup adil dengan fasilitas internet gratis yang didapat sehingga bisa mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Menjadi pekerja

Beberapa temanku bekerja ke perusahaan atau orang (baca dosen). Kebanyakan sih bekerja di perusahaan IT, namun dulu ada kenalan yang bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran. Bekerja sebagai pelayan menurutku keren, bisa survive dan yang penting halal.

Mengerjakan proyek

Kalau mengerjakan proyek tergantung seberapa beruntung dan seberapa keras belajar. Mahasiswa yang terlibat dalam proyek biasanya kalau tidak karena dia jago, dekat dengan dosen, punya banyak relasi, atau memang mahasiswa itu sangat beruntung, lucky man kayak si untung di cerita donald bebek.

Mencari beasiswa

Mencari beasiswa menjadi jalan yang mudah untuk mencari uang tanpa perlu bekerja. Hanya perlu membawa surat keterangan tidak mampu dan memenuhi syarat-syarat yang diminta, uang sekitar 4-6 juta bisa didapat untuk satu semester. Tapi jangan rakus ingin mendapat banyak beasiswa, pikirkan banyak orang lain yang membutuhkan bantuan itu juga. Aku sangat sebal ketika mengetahui beberapa temanku yang menurutku sudah cukup berkecukupan hidupnya masih saja mendapat banyak beasiswa.

Ikut lomba

Ikut lomba yang berhadiah bisa menjadi jalan bagi anda untuk mendapatkan uang. Dengan ikut lomba, selain bisa mengasah kemampuan berkompetisi, mengaplikasikan ilmu yang didapat juga bisa dapat uang. Satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Menjadi penulis

Kebanyakan mahasiswa yang aku kenal memiliki banyak ide dan idealisme. Juga banyak yang suka menuliskan ide-ide tersebut dalam bentuk tulisan, entah opini, cerita pendek, novel, tutorial dan lain sebagainya. Dengan menulis bisa banyak uang didapat. Aku punya teman yang sering menulis di surat kabar (koran), dia mendapat honor sekitar 300 ribu untuk satu artikel yang dimuat. Apalagi jika sampai menulis buku ke penerbit, bisa dibayangkan berapa royalti yang bisa didapat apalagi jika bukunya bisa menjadi best seller. Jika menjadi penulis blog hebat pun anda bisa mendapatkan uang dengan menaruh add sense di blog anda dan berharap banyak pengunjung yang berbaik hati mengklik iklan itu.

Banyak jalan menuju roma… bisa naik pesawat, kapal laut, mobil, jalan kaki, bersepeda atau bahkan cuman memandangi fotonya di internet😀.