Definisi wimax

Bisa dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/WiMAX

Network Entry pada wimax
Untuk bisa terkoneksi pada suatu jaringan wimax, sebuah Subscriber Station (SS) harus menyelesaikan tahapan-tahapan network entry yang terdiri dari  downlink  channel synchronization, initial ranging,  capabilities  negotiation, authentication,  registration, dan IP connectivity .
Downlink Channel Synchronization
ketika sebuah SS ingin berkomunikasi pada sebuah jaringan Wimax, pertama dia menscan channel yang tersedia pada daftar frekuensi. Ketika menemukan sebuah DL channel, SS mencoba melakukan sinkronisasi pada PHY level dengan menggunakan periodic frame pramble. Info

Initial Ranging
Sebuah SS memulai sebuah Initial ranging dengan mengirimkan sebuah pesan request MAC dengan menggunakan minimum transmission power. Jika tidak ada response dari BS, SS mengirim ulang pesan tersebut pada sebuah sebusequent frame dengan menggunakan sebuah transmision power yang lebih besar.  Response yang diterima mengindikasikan power dan timing corrections yang harus dibuat oleh SS untuk bisa terkoneksi.

Exchanging Capablities
Setelah menyelesaikan tahapan initian ranging, SS mengirim pesan capability request yang mengindikasikan modulation level yang didukung, coding scheme, dan rates and duplexing methods.

Authentification
Setelah capability negotiation, BS mengautentifikasi SS, untuk menentukan algoritma chiper yang akan digunakan dan mengirim sebuah respon autentifikasi kepada SS.

Registration
Setelah autentifikasi selesai, SS mengirim sebuah pesan registration request kepada BS dan BS mengirim respon atas registrasi tersebut.

IP Connectivity
Setelah registrasi, SS mendapat IP Address melalui DHCP. SS juga mengambil paremeter operasional lainnya yang dibutuhkan melalui TFTP.

Connection Creation
Setelah menyelesaikan IP Connectivity, koneksi telah terhubung. Untuk layanan dengan low yang telah ditentukan, BS mengirim sebuah pesan dynamic service flow request kepada SS dan SS mengkonfirmasi untuk membuat koneksi. Untuk layanan yang tidak ditentukan flownya terlebih dahulu, pembuatan koneksi diinisiasi oelh SS dengan mengirimkan sebuah pesan dynamic service flow addition request kepada BS kemudian BS merespon dengan konfirmasi.