babirokokhacker_v.jpg

Ah dasar orang Indonesia, sulitnya melupakan kesalahan masa lalu, sekali salah, salah selamanya…

Ah dasar orang Indonesia, sering merasa dirinya paling benar, pintar…

Ah dasar orang Indonesia, bisanya cuman main kritik di belakang, ga berani di depan…

Ah dasar orang Indonesia, bisanya cuman kritik, tanpa solusi yang membangun, tanpa nasehat yang berarti…

Ah orang Indonesia, kapan kita maju??

Sebenarnya dengan menulis ini aku juga menjadi orang yang OMDO doang, yang cuman bisa mengkritik, tapi mau gimana lagi cuman ini yang bisa saya lakukan…

Semuanya sepertinya berawal dari disahkannya UU ITE oleh pemerintah. Kemudian dilanjutkan dengan didefacenya  website depkominfo, komentar om Roy Suryo tentang blogger dan hacker, dan dilanjutkan dengan komentar-komentar orang-orang awam di milis, blog, bahkan berita dan sebagainya. Di salah satu milis yang saya ikuti, moderatornya pun sudah memerintahkan untuk berhenti namun, diskusi tetap berlanjut. Ah orang Indonesia, senang sekali bergosip mirip, hal ini juga bisa terlihat dari tayangan televisi yang didominasi oleh infotainment (padahal gosip) yang berulang.

Saya tidak kenal Roy Suryo, saya tidak kenal Pak Onno, saya tidak kenal dengan Pak Budi Rahardjo dan orang-orang hebat lainnya…, tapi saya tahu nama mereka dan mereka pastinya tidak akan tahu saya huehue… tapi yang saya tahu mereka sedikit atau banyak telah berkontribusi membangun bangsa ini…

Stop bergunjing, stop menjelekkan orang lain, stop melakukan hal yang tidak berguna (lah aku nulis ini, browsing-browsing ga jelas😦 , ah masih OMDO ternyata, kerjain itu tugas akhir biar cepat lulus, entar kalo menarik tawarannya masuk ke birokrat kalau ga mau jadi pengusaha terus jadi bupati di Probolinggo huehue masih aja… )

Let’s build Indonesia together… karena sendiri ga bakalan bisa, kecuali masih berada di jaman itu, di jaman ketika Indonesia masih punya Gatotkaca😀