Ditrigger oleh sebuah diskusi di sebuah milis, TA ku dan ‘project aneh’😀 aku penasaran dan akhirnya googling tentang DBMS.

Pertama aku membandingkan dua DBMS yang berlisensi GPL Postgresql dan MySQL, ada dua link yang menurutku sangat menarik isinya dan gamblang:

Ditambah dengan satu artikel yang membandingkan Postgresql, Oracle dan Mysql:

Postgresql Mysql
ANSI SQL compliance Closer to ANSI SQL standard Follows some of the ANSI SQL standards
Performance Slower Faster
Sub-selects Yes No
Transactions Yes Yes, however InnoDB table type must be used
Database replication Yes Yes
Foreign key support Yes No
Views Yes No
Stored procedures Yes No
Triggers Yes No
Unions Yes No
Full joins Yes No
Constraints Yes No
Windows support Yes Yes
Vacuum (cleanup) Yes No
ODBC Yes Yes
JDBC Yes Yes
Different table types No Yes

Terkadang sebagai kita perlu tahu alasan pemilihan teknologi. Salah satu analogi yang paling aku suka yang diajarkan oleh salah seorang guru adalah analogi aplikasi seperti pesawat dan becak. Kalau cuman mau pergi ke pasar yang deket rumah pakai aja becak, ga usah bikin pesawat untuk untuk pergi ke pasar (bisa sih tapi ga guna dan kelamaan nunggu take off dan landingnya). Begitu juga ga mungkin khan pergi ke tempat yang sangat jauh dengan naik becak (bisa sih tapi lama banget nyampenya).

Begitu juga dengan pemilihan database, jika hanya masukin, tampilkan dan update data sederhana pakai DBMS yang kecil tapi cepat semacam MySQL kenapa tidak? Kalau aplikasi kompleks, besar dan resiko kehilangan data tinggi tidak mungkin dong pakai MySQL, Oracle lebih cocok. Kadang bingung juga kenapa bapak-bapak itu milih oracle untuk aplikasi masukkan, tampilkan dan upadate data dimana bahasa yang digunakan PHP yang modul ORA atau OCI nya sering gagal huehue… asalkan bukan alasan ‘materi’ aja😀

NB: entah lagi semangat untuk eksplorasi nih huehue…. walaupun cuman sebatas membaca via informasi yang dicari via google😀

MySQL Postgresql Oracle