Tim adalah sekelompok orang yang berkumpul, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam tim tersebut ada teman-teman yang disebut teammate. Kunci sukses dari kerja tim adalah :

  • Kerja sama
  • Komunikasi
  • Tanggung jawab
  • Kepemilikian terhadap tim
  • Dan lain-lain

Bekerja dalam tim merupakan pisau bermata dua (semua hal kayaknya sih selalu bermata dua), di satu sisi bisa mempercepat pengerjaan, di sisi lain bisa memperlambat atau bahkan mengacaukan pekerjaan. Pernah satu hari bekerja dengan seorang teman yang dia memberi nasehat “Kita bekerja dalam tim…” sebuah kalimat singkat namun sangat mempengaruhiku untuk bersemangat dalam tim ini.

Aku pernah bekerja dalam beberapa tim, dan kesimpulanku adalah tim yang berbasis sosial (tidak mencari keuntungan) cenderung lebih nyaman. Walaupun terkadang komitmen antar anggota tim tidak terlalu kuat namun ada semangat kekeluargaan di dalamnya. Berbeda dengan tim yang berbasis materi (proyek, tugas, dll). Terkadang ada perasaan entah itu kesal karena pekerjaan tidak selesai, iri dengan teman dan perasaan ingin menunjukkan ‘keakuan’.

Pada akhirnya aku tetap lebih memilih untuk bekerja dalam tim dibandingkan bekerja sendiri. Paling tidak aku bisa bercerita apapun dengan teammateku untuk menghilangkan rasa bosan.

NB: Merindukan teammateku yang lama, kapan ya kita kerja bareng lagi, walaupun kadang emang kerjaan kita ga kelar tapi menyenangkan bekerja denganmu…