Baru tahu kalo ternyata ada TED, inipun secara kebetulan datang iseng ke pertemuan BHTV tadi malem. Berikut adalah ringkasan materi tentang TED yang saya tangkap dari pembicara yang keren banget, mas Boy Avianto.

TED adalah kegiatan kumpul-kumpul dimana pesertanya saling  berbagi ide. Peserta yang berasal dari lintas disiplin ilmu bebas menyampaikan pendapat dan idenya. Walaupun ide itu gila, walaupun ide itu ga mungkin, semua orang bebas. Acara ini katanya rutin diadakan setiap tahun di Amerika.

Diskusi berlanjut, ada ide untuk membudayakan kegiatan ini di Indonesia. Akan sangat bermanfaat kegiatan semacam ini jika diadakan di Indonesia. Budaya untuk menyimpan ide (baca kemaruk, takut ide diambil orang lain) aku rasakan masih sangat kuat (minimal di diriku sendiri :(). Dengan berdiskusi semacam ini, tukar bertukar dan memperkuat Meme (kata Pak Raka) untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada di negara ini.

Yup, semoga ke depan ada acara-acara mirip ini, sekarang sudah banyak komunitas sudah saatnya komunitas bermanfaat minimal untuk dirinya sendiri dengan memperkuat masing-masing anggota komunitas tersebut. Menunggu acara yang mirip ini ….