Ada beberapa hal baru yang aku coba saat ini, berikut diantaranya:

  • Aku mencoba untuk lebih sering di kos daripada di kampus. Aku merasa 3 tahun di Bandung aku kurang menikmati kamar kosku. Waktuku habis beraktivitas di luar kos. Beberapa hari ini aku cukup sering dan cukup lama tinggal di dalam kos. Dengan ditemani radio dengan lagu-lagunya, ditemani dispenser yang siap menyeduh air panas untuk membuat kopi dan tumpukan buku-buku koleksiku. Sesekali melamun tentang diriku, masa depanku, masa laluku, mimpi-mimpiku, kebodohan-kebodohanku, dan kadang-kadang sms ke teman-teman dan ‘teman-teman’ di seantero pelosok nusantara.
  • Aku mencoba untuk memfokuskan diriku untuk secepat mungkin lulus dan keluar dari kampus ini. Sudah bosan dengan segala rutinitas, bosan dengan segala isu kebobrokan dan bosan dengan sistem yang tidak cocok dengan keinginanku. Aku ingin segera keluar dan bebas menentukan arah gerak dari langkahku.
  • Aku mencoba untuk makan lebih sedikit. Ternyata enak juga makan seadanya. Perut tidak berat, bisa langsung beraktivitas tanpa perlu beristirahat tapi akibatnya aku sering beli jajan. Bertambahlah pengeluaranku. Makan lebih sedikit bukan berarti hemat, malah boros sepertinya.
  • Aku mencoba untuk lebih sering menambah koleksi bukuku. Keinginan untuk menjadi seorang kolektor buku kembali membuatku semangat. Dalam 2 minggu yang lalu aku tanpa terasa telah menghabiskan sekitar 350 ribu untuk membeli buku. Dalam satu bulan ini sekitar 1 juta telah aku habiskan, untuk membeli buku dan melakukan perjalanan. Sebuah angka yang sangat besar buatku yang berstatus sebagai mahasiswa dan tidak mempunyai pekerjaan tetap. Tetapi entah kenapa aku mencoba untuk tidak minta uang, walau orang tuaku menawariku.
  • Aku mencoba Netbeans 6 untuk mengerjakan TA ku yang sempat terbengkalai. Alhamdulillah telah menunjukkan progress yang sangat jelas hingga malam ini.
  • Aku mencoba untuk mengurangi kegiatan ‘berdosaku’. Tidak ada pembelaan kecuali penyesalan.
  • Aku mencoba untuk lebih aktif menulis. Alhamdulillah beberapa tutorial ubuntu aku berhasil tulis dalam beberapa minggu ini.

Pada intinya, aku mencoba untuk menjadi seseorang yang baru. Aku ingin menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Terima kasih kau mengingatkanku akan kata-kata ini…

“Be stronger than you of a minute ago, Be stronger than you of yesterday.”