Tertarik dengan sebuah pernyataan salah seorang teman di salah satu milis yang mempertanyakan kapan punya ‘our own baby’. Baby di sini bukan bayi-bayi yang ada setelah sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan, ‘bayi’ IT. Dalam tulisannya itu, dia mengkritisi dimana bangsa ini tergopoh-gopoh mengikuti perkembangan IT negara barat sana. Ketika sebuah distro linux baru muncul semua orang mencoba, beberapa bulan lagi muncul lagi orang ganti lagi. Ada pemograman baru, semua orang mencoba dan sebagainya yang pada akhirnya hanya menjadi pengikut alias hamba kemajuan IT.

Bisa jadi fenomena ini menjadi salah satu penyebab kenapa bangsa ini tertinggal. Sikap dan sifat ingin tahu di satu sisi baik namun di sisi lain jika kejadiannya seperti sekarang ini, dimana keingin tahuan hanya dipuaskan dengan tahu tanpa menguasai, maka menjadi bumerang yang sangat fatal. Aku sebagai salah satu pengguna linux terkadang rada kecewa dengan adanya update yang hampir selalu ada tiap minggunya. Dengan perkembangan yang terlalu cepat aku merasa aku tidak mampu mengikutinya sehingga akhirnya aku hanya menjadi pengikut, padahal AKU INGIN MENJADI PEMIMPIN…

Menarik sekali pendapat teman itu, kapan nih punya bayi sendiri? Kapan punya sebuah produk yang walaupun tidak sebagus punya mereka namun dibanggakan. Mungkin salah satu kasus yang cukup membuatku iri adalah distro kuliax yang katanya dibuat oleh komunitas UGM. Aku pernah bertemu dengan salah satu anggotanya dan dia bilang kebanyakan komunitas itu memakai distro tersebut. Hem… bersifat kelokalan mungkin, namun menunjukkan suatu komitmen dan kebanggaan terhadap produk sendiri.

November besok kalau tidak salah informasi yang aku dengar akan ada dua distro linux buatan bangsa ini yang akan launching, IGOS NUSANTARA dan BLANKON 2 alias KONDE. Mungkin aku akan menjadi pengguna Blankon, mungkin teman-teman yang lain akan memakai IGOS NUSANTARA atau apalah. It’s ok about what distro you use, but the most important is what you can do with that.

Cukup sampai di sini menjadi seorang pengagum kemajuan teknologi, saatnya menjadi seorang yang dikagumi karena mengembangkan sebuah teknologi.