Hal ini kualami, ada suatu keadaan dimana aku ingin bebas dari aturan MVC di CakePHP (karena ga tau bagaimana caranya). Akhirnya aku mencoba kubuat sebuah folder di app/webroot misal namanya webservice (kasus yang kualami, ingin memakai nusoap di web yang kubangun di cakephp namun ya itu tadi getting stuck).

setelah kucoba, kucermati, kualami (wew) ternyata bisa..!! sugoiiii…

Nah terus kenapa?? folder itu bisa di akses dengan alamat http://blablabla/%5Bfoldercake%5D/%5Bnama folder] ato juga bisa http://blablabla/%5Bfoldercake%5D/app/webroot/%5Bnama folder]. Terus2?…

Ya terus kalo dah punya web mo dimasukin ke sana walaupun bukan cakephp bisa!!! taruh aja di foldernya di bawah app/webroot terus untuk mengaksesnya seperti yang dah aku tulis di atas. Udah gitu doang !

Ya itulah sekelumit perjuangan membuat aplikasi web service, ya aku menyerah mencari cara membuat web service (wsdl) dengan cakephp, guling-guling ga nemu-nemu, terpaksa deh pake nusoap, caranya ya dengan itu tadi… bikin folder di webroot.

Kalo ada yang tahu caranya ajarin ya.. minimal bikin fungsi hello world aja di server yang bisa diakses oleh client dengan menggunakan cakephp.

Thanks…