1 hari kemarin aku cukup kesal dengan yang namanya permission di windows, baru tahu juga kalo di windows juga ada permission kayak di linux dan unix, tapi menurutku ga senyaman yang ada di linux dan unix soalnya aneh aja.

Jadi begini ceritanya sehingga aku sempat kesal yang .NET ini dan sempat merasakan apa yang dirasakan oleh Pak Toosa, salah satu aktivis edubuntu Indonesia, yang kemarin cerita bahwa dia dulunya adalah programmer VB namun gara-gara satu bug yang ada di VB dia kesal bukan kepalang, karena bukan karena programnya yang dodol, tapi ada bug di VB nya tapi ga bilang-bilang (ya iyalah masak ada bug bilang-bilang).

Yang aku alamin, pertama aku khan membuat sebuah AppManager (lumayan keren namanya, aku yang buat ga pake Jatisxx lagi). AppManager ini merupakan aplikasi web yang digunakan untuk mengontrol aplikasi demon yang dimiliki (agent di sini disebutnya). Nah agent yang dibuat Yudi dan aku, adalah agent yang memasukkan data excell ke database (jatis2). Ternyata kalo dijalankan lewat web ini, ga bisa jalan :((, sempat menyalahkan databasenya , karena errornya adalah acces denied, namun ternyata user ASPNET, user ketika menjalankan ASP.NET, ga boleh ngejalanin aplikasi di windows. Akhirnya dapet penjelasan di sini . Kesel banget ga sih??

Akhirnya agentnya diganti, kalo yang awal untuk baca file excell pake excell aplication (jadi aplikasinya ngejalanin aplikasi excell) dengan memakai oledb dengan provider nya excell. Baru tau kalo ternyata bisa juga baca excell, jadi bisa select * from blabla juga kayak database biasa. Ok sekarang merasa masalah beres. Ternyata tidak!!😦

Masalah berikutnya, file yang telah dibaca harus dihapus.. nah ga bisa menghapus ternyata, arrghh gara-gara ini pula terlambat pulang sehingga ga nonton Indonesia vs Korsel, untung aja Indonesia kalah, jadi sekarang ga perlu lagi orang Indonesia ngabisin waktunya sekitar 120 menit untuk menonton TV, khan udah ga ada yang mo didukung, ayo kerja kerja kerja…

Akhirnya tanya ke sang MSA ITB, bung Ronald. Dia bilang kalo itu masalah folder permission. Terus dia bilang klik kanan folder -> properties -> tab security. Aku melakukan apa yang dia bilang and I got this one.

properties1.png

Dimana tab securitynya?? Damn… Ternyata itu terjadi gara-gara viewnya. Jadi buka control panel -> folder option -> tab view

properties2.png

Uncheck properties “use simple file sharing(Recommended)

And then I got this one.

properties3.png

Aku tambahkan user ASPNET dan kuset full control. My problem has been solved. Yosh thanks … and never stop trying even you got stuck….

Every problem has its solution, doesn’t it?