Judul itu merupakan judul yang kubuat sendiri tentang kerjaanku di tempat KP ku, kalo aslinya ga sekeren itu, lebih keren malah huehue…

Pekerjaanku yang pertama adalah jatis1, membuat backoffice dari sms. Jadi kalo ada client baru yang mau pake jasa jatis, misal comlabs mau bikin  layanan sms dengan shortcode 9333, bisa dengan mudah dilakukan. Kalo yang lama masih amburadul gitu (aku baru sadar, ternyata sms-sms yang ada sekarang backend tidak secanggih yang kukira, ternyata oh ternyata). Dengan aplikasi yang aku buat (dengan asp.net 1.1, jadul banget sekarang jaman 3.0 masih aja pake yang 1.1 ya apa mau dikata gara-gara politih si microsoft) jatis dengan mudahnya menambah client baru, lengkap dengan keyword, harga tarif yang akan dikenakan (500, 1000, 2000) dan type report yang ingin didapat oleh sang client. Cukup canggih menurutku huehue, gara-gara proyek ini aku jadi tergugah dan sadar kalo asp.net itu canggih (dulu sempat ikut pelatihan ASP.net tapi ga tertarik gara-gara idealisme (baca : kebodohan) yang terlalu).

Pekerjaan yang kedua aku dan yudi disuruh untuk memperbaiki aplikasi untuk mengupload content sms. Jadi ada khan sms langganan, seperti zodiak, tausiyah harian, tips dan trip dan lain-lain dimana pengguna mendaftar dengan mengetik

 REG TAUSIYAH kirim ke 9333

UNREG TAUSIYAH kirim ke 9333

Aplikasi yang lama, pake php dimana ketika upload (content dalam format excel), langsung di execute ke database. Kebayang khan data yang ada banyak banget (pas testing untuk satu file butuh 30 menit). Jadi sering terjadi timeout pada aplikasi yang lama. Aplikasi yang baru kami membuat agent, jadi file content diupload (setelah melalui autentifikasi sehingga file yang masuk adalah file yang dijamin valid) kemudian si agent yang bisa diset kapan waktu kerjanya yang akan memasukkan data-data ke database. Kami membuat sampe tiga buah versi dan kami persilahkan sang supervisor untuk memilih. Di sini aku membuat agent yang kedua, yang pertama aku membuat agent untuk mengirim sms dan email tetapi dengan menggunakan java.

Sekarang lagi nganggur, di sela-sela waktu nganggurku aku sempatkan untuk baca-baca artikel, blog, dan maenan baru, webservice dengan nusoap di php untuk membuat aplikasiku yang insyaAllah mo diikutin lomba. Besok ingin memastikan apakah bakal ada pekerjaan lagi untukku dan Yudi, kalau tidak ada aku ingin kembali ke Bandung. I need better internet and place to do my research. Tapi sampe sekarang aku merasa beruntung sekali bisa kerja praktek di sini, aku bisa menggunakan apa yang aku ketahui untuk menyelesaikan masalah di sini, walaupun belum ada kepastian bakal dapat “hadiah hiburan” atau tidak. Sekarang sedang berharap diberi kesempatan untuk mencoba membuat aplikasi yang berkaitan dengan WAP dan semacamnya, pokoknya yang harga pulsanya lebih dari 2000 hehehe… kalo pake modal sendiri khan bangkrut tuh, jadi mumpung di sini hehehe…

NB : semakin hari semakin diriku yakin akan dirimu…