A day :

He : “mas ada web yang nyediain transalasi Indonesia-Indonesia ga? Kayak KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)”
Me : “Hem… dah googling?”
HE : “Udah, ga nemu..”
Me : “Entar… “

Aku googling dengan keyword “kbbi online” dapet sebuah website http://kbbi.storymasterq.com/index.php yang di google resultnya ada tulisan “Selamat Datang di KBBI online”.  Kucoba, namun mengecewakan cuman ada beberapa kata. Terus baca sebuah artikel di http://ibnufarid.com/2004/12/03/kamus-indonesia-online. Dari sana menyimpulkan kalo masih belum ada KBBI online ataupun aplikasi kamu Indonesia-Indonesia…

Another day :

She : wis, kata bu endah suruh nyarikan materi kelas 3 ato literatur biologi yang buagusszzzz…
Me : materi kelas 3 apa ya?
Me : di wikipedia.org lengkap tuh
She : wikipedia kan english…
She : maksud bu endah tuh indonesia language…
Me : itulah keadaan indonesia sekarang
Me : memang belum ada resource untuk itu

Udah kalo yang ini males nyarinya, selain ga tertarik dengan mata biologi. Menyimpulkan kalo saat ini ga ada website dalam bahasa Indonesia yang menyediakan resource materi pendidikan.

Buat aplikasi seperti dua masalah di atas gampang sebenarnya, bisa pake wikipedia,  namun masalah sebenarnya bukan di sana, contentnya ituloh. Buat KBBI harus masukin ke database semua kata-kata dan artinya, namun gampang sih kalo dah ada softcopynya dan seharusnya ada, kalo ga ada gimana mau nyetak kamus sebegitu tebal. Ayo ayo pihak yang punya softcopy KBBI dibagi-bagi dong…

Untuk yang kedua juga sama, bisa ada beberapa cara menurutku,  pertama guru-guru sekolah secara rutin diwajibin nulis materinya dan dipublish untuk umum, enak khan… Kedua ada pihak yang mroyekin nih proyek, jadi nyewa orang-orang yang memang pakar di bidangnya untuk menuliskan materi-materi yang dia kuasai untuk dibagikan. Paling ga lama ngerjain seperti ini, setahun paling dah banyak banget materinya. Seandainya Depdikbud mau bikin kayak ginian, enak khan… Jadi siswa ga perlu beli buku (ga semuanya yang ga punya duit aja, yang punya duit tetep harus beli buku, ingat pepatah “Buku adalah guru terbaik”) , cukup download (asumsiku download artikel lebih murah dari beli buku). Selain penyebaran materi lebih merata.

Sebenarnya ini juga bisa loh jadi masukan buat team edubuntu, tapi sekarang aja masih kurang resource buat ngerjain, malah ditambahin lagi kerjaannya hehehe. Ayo ayo yang baca blog ini kalo punya waktu luang join itu team, keren-keren orangnya.

Ya itulah peluang kalo open source (khan contohnya wikipedia, tapi sebenarnya general sih, IT) bisa membantu bangsa ini. Yup, cukup cukup sudah banyak yang setiap hari nyobain aplikasi, ngoprek OS, bikin software, sekarang adakah yang  mau merelakan waktunya untuk ngetik-ngetik bahan-bahan seperti di atas? Hehehe.. open source ga cuman bagi-bagi software menurutku, tapi bisa juga bagi-bagi content dari software.

NB : btw, ada ga sih websitenya? takutnya aku yang kurang teliti searchingnya, kalo ada tolong kasih tau ya…