Motivation In psychology, motivation refers to the initiation, direction, intensity and persistence of behavior (Geen, 1995). Motivation is a temporal and dynamic state that should not be confused with personality or emotion. Motivation is having the desire and willingness to do something. A motivated person can be reaching for a long-term goal such as becoming a professional writer or a more short-term goal like learning how to spell a particular word. Personality invariably refers to more or less permanent characteristics of an individual’s state of being (e.g., shy,extrovert, conscientious. As opposed to motivation, emotion refers to temporal states that do not immediately link to behavior (e.g., anger, grief, happiness).

Kutipan itu aku ambil dari wikipedia, arti tentang motivasi. Pendek kata motivasi adalah sesuatu yang membuatku, kamu dan semua orang melakukan sesuatu.

Orang bekerja dengan motivasi yang berbeda-beda, ada yang karena memang butuh makan, ada yang memang suka atau bahkan ada yang bekerja karena dia seorang yang suka bekerja (workaholic). Seorang pria bilang cinta kepada seorang wanita pun begitu, ada yang termotivasi karena kecantikannya, bodynya, kekayaannya, dan ada juga yang hanya karena sang wanita adalah seorang wanita yang hebat (menurut sang lelaki). Begitu juga dengan pertemananan, persahabatan, kompetisi dan lain lain.

Jika aku punya sebuah motivasi yang positif (ya positif artikan aja sendiri), ga tau kenapa walaupun hasil yang kudapat jelek (ex:ngajar) aku suka banget, ga tau kenapa. Tetapi kebalikannya ketika aku ga termotivasi secara positif (gara-gara kepaksa dan lain hal) sering walaupun kegiatannya bagus, hasilnya bagus tetapi aku tidak bisa menikmatinya.

Kemarin malam aku melihat berbagai motivasi yang muncul ketika ada kumpul-kumpul. Ada yang nyari makan gratis, ada yang memang pengen kangen-kangenan, ada yang pengen ketemu seseorang. Motivasi terlihat di wajah masing-masing ketika acara berakhir, ada yang biasa aja, ada yang bahagia, ada yang marah dan sebagainya.

Wah senangnya semalem sudah kumpul-kumpul, nanti malem ada kumpul-kumpul lagi, besok sore ada seminar (berarti kumpul-kumpul lagi) hore-h0re senangnya hatiku. Hehehe ga tau kenapa kok suka kumpul-kumpul dengan teman-teman.

Yup, semoga aku selalu termotivasi untuk mencapai cita-citaku. Thanks for the moment, eventhough it wasn’t as good as we want.