Barusan baca blog yang keren. Tampaknya pemilik blog itu seseorang yang IT banget😛, keliatan dari postingannya yang IT banget.

Ada banyak sekali masukan di blog itu khususnya untuk aku yang ingin hidup di dunia IT. Apalagi yang tentang pengetahuan wajib programmer menurut dia:

  • Konsep dasar sistem operasi.
  • Konsep dasar jaringan.
  • Konsep dasar relational database.
  • Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH.
  • Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode.
  • Lebih dari satu bahasa pemrograman.
  • Cara menggunakan Version Control.

Hem… setelah membaca alasanya kenapa dia memasukkan beberapa hal di atas, aku sebagai calon programmer (meskipun ga mungkin selamanya) setuju. Terkadang merasa jumawa dengan kemampuan dan pengalaman koding dengan berbagai bahasa, namun konsep (kuulang konsep, bukan berarti harus hafal dan kalo ujian dapet bagus tapi ga tau mo dipake buat apa (:P menghibur diri sendiri yang UTS nya jelek :()) tidak mengerti. Konsep yang matang akan membuat seorang programmer lebih cepat menyelesaikan masalah.

Di halaman lain dari blog itu, aku mendapat banyak sekali link yang semakin membuka mataku, dunia ini sangat luas om. Dunia ini tidak hanya seputar jalan ganesha 10, tidak hanya seputar kur2003, comlabs dan lain-lain. Masih banyak sekali di luar sana ‘daerah’ yang belum pernah kukunjungi. Kukira istilah hibernate hanyalah untuk sebuah proses komputer mati biasa ketika dihidupkan akan kembali ke kondisi asal, namun ada opensource yang keren bernama hibernate untuk membangun aplikasi enterprise (enterprise… kapan ya aku bisa bikin aplikasi enterprise, sekali ajah :D). Aku juga mengerti pentingnya versioning (tugas PPL ada fitur versioningnya tapi aku underestimate karena ngerasa ga begitu penting tapi ternyata di dunia software development versioning sangat penting bung).

Dunia yang sangat luas, aku ingin menjelajahinya. Syukur-syukur kalo sama ‘dia’😛