Buat orang-orang yang sering bilang kalo anak IF cupu dalam bidang networking, aku bilang ke kamu “Kami bukan operator bung, kami engineer”.

Memang sih saat ini di kampus kalo jago networking, bisa ngurusin server, jadi admin dll, bakalan naik pamornya dan entah kenapa sekarang anak-anak IF pada ga ada yang jumawa masalah begituan. Menurutku sih kayaknya tugas yang menumpuk di IF sehingga kami jarang mengoprek masalah begituan. Sempat dulu terpancing sehingga kadang-kadang bertanya-tanya kenapa kok begituan ajah ga bisa.

Setelah merenung dan berdiskusi, akhirnya aku mengambil kesimpulan, apa yang mereka banggakan tidak terlalu membanggakan. Wong admin di sini kerjanya cuman nungguin server kok, nginstall aplikasi server, ngatur konfigurasi, terus ngejagaian deh. Nanti kalo ada update ya diupdate. Terus sok jadi jumawa sok restrict terhadap user tapi sering menggunakan fasilitas untuk kepentingan pribadi. Kalo user biasa download maksimal 100 Kbps (anggaplah segitu padahal seringnya kurang) tapi para admin bisa nyame orde Mbps wew.

Oleh karena itu, teman-teman IF, ayo semangat !! tunjukin pada dunia kita tidak hanya operator. Kita belajar tidak untuk menjadi admin jaringan, tidak untuk menjadi admin database, tidak untuk menjadi seorang programmer, tetapi lebih daripada itu. Kita adalah engineer di bidang informatika. Kita adalah pencipta aplikasi bukan pengguna aplikasi.

Wew, so XX tunggu saja sampai kau make aplikasi anak-anak IF😀