Ternyata kalo melakukan sesuatu dengan setengahj-setengah bukannya menyenangkan malah ngrepotin. Itulah yang terjadi. Jadi begini ceritanya😀

ITB khan sedang dalam masa transisi mo dipindahin jadi IPV6, jadi dah bisa IPV6. Nah itu yang jadi masalah. Beberapa hari ini (sejak dulu ding semenjak aku upgrade edgyku jadi feisty), entah kenapa thunderbirdku ga bisa nyedot email-email di server ITB. Jadilah pundung khan, email segitu banyaknya ga bisa disedot, mo baca lewat webmailnya males lah, jelek gitu tampilannya😛.

Terus tadi iseng browsing ke http://www.itb.ac.id ternyata ga bisa juga aarrgghh.. padahal kalo pake windows bisa. Terus akhirnya kepikirian coba deh kudisable (hehehe ga sih dulu pernah baca di milis yang ngasih trip untuk mengoptimasi ubuntu, dah dikasih tau juga caranya mendisable IPV6, ternyata cara yang dia kasih itu gagal, ada cara lain).

Ini cara yang aku dapet dari ubuntugeek.com

sudo vi /etc/modprobe.d/aliases

Find the line: alias net-pf-10 ipv6

change to

alias net-pf-10 off

If the above change is not working you need to change the following one

alias net-pf-10 off ipv6

Save the file and reboot

Nah kayaknya aku make yang alias net-pf-10 off dan gagal.

Barusan aku coba cara yang kedua ternyata berhasil🙂.

Senang-senang, email bisa kembali kusedot wkwkwk makasih mbak google😛