Sebuah pilihan yang sulit, aku sih sebenarnya sekarang lebih suka PHP karena aku lebih lama berkecimpung, bisa dikatakan sering makan asam garam di bahasa ini. Namun, sejak sebulan ini aku berusaha untuk mengembangkan sayapku tidak hanya di satu bahasa (sekarang sudah berapa bahasa ya?), aku sekarang sedang berusaha menguasai salah satu pemograman web yang cukup populer, JSP.

Saat ini aku masih merasa agak kesulitan dengan yang namanya MVC di JSP (dengan menggunakan framework struts). Padahal sih mestinya gampang, karena konsep MVC tidaklah sulit, hanya perlu memisahkan mana yang viewer, controller, dan modeller. Yang sulit itu adalah menerjemahkan apa yang aku maksudkan di kepalaku ke dalam bahasa JSP nya, mengingat JSP lebih besar dari PHP, so pasti manualnya lebih banyak dan akibatnya adalah semakin sulit mencari cara yang cocok untuk melepaskan ide yang nyangkut :di kepala ini.

Dari usaha ngoprek ini, aku memahami sebenarnya satu masalah yang sulit adalah menerjemahkan ke dalam bahasa yang akan digunakan ide-ide yang telah dipunyai. Oleh karena apapun idenya bisa diimplementasikan ke dalam bahasa apapun, hanya bedanya kalau di (misalnya) PHP untuk membuat mobil harus membuat sendiri ban, body, mesin, dan catnya, kalau di JSP mesinnya dah ada, bannya tinggal pakai, tinggal bagaimana mengkombinasikannya menjadi mobil yang canggih.

¬†“That’s the art of programming…”