Pagi tadi salah seorang pemimpin bangsa ini datang ke kampusku, katanya sih mau ngasih kuliah umum. Kuliah umum berarti ngasih pembelajaran khan? Yup, beberapa pembelajaran yang ada hari ini…Korban RI-2

  • Kuliah umum dari pemimpin bangsa lebih penting daripada ujian kuliah, video conference dengan kampus lain tentang IT, dan diskusi dengan UNESCO.
  • Lakukan sosialisasi pelarangan masuk kampus satu jam sebelum acara dimulai, sehingga acara bisa berjalan dengan kacau balau.
  • Ucapkan kata maaf untuk membenarkan perbuatan anda dan bilang “Itu kesalahan kami, maaf..”. Lagi-lagi maaf…
  • Pemimpin itu lebih penting daripada perkembangan ilmu

Wew sebuah pembelajaran yang berbeda sekali dengan apa yang aku tahu. Aku pernah membaca cerita sahabat nabi, dimana ada seorang ulama yang sangat tinggi ilmunya. Kemudian pemimpin negara itu ingin belajar kepada ulama itu, lalu mengutuslah seorang utusan untuk meminta ulama itu menghadap ke istana untuk mengajarnya. Namun yang diucapkan oleh ulama itu adalah jika pemimpin itu ingin belajar, maka pemimpin itulah yang harusnya datang ke tempatnya. Kemudian sang ulama melanjutkan bahwa sang pemimpin tidak akan mendapatkan perlakuan khusus dengan murid-murid yang lain. Dan seterusnya. Inti dari ceritanya adalah bagaimana diajarkan oleh agama ini bahwa hormatilah ilmu pengetahuan karena untuk mendapatkan dunia dan akhirat, ilmu adalah kuncinya.

Susah lah bangsa ini kalau pemimpinnya saja tidak menghormati akan ilmu pengetahuan…. Maaf pak, sebenarya saya tidak ingin, tapi bapak telah membuat saya kesal…. Benar bapak adalah pemimpin bangsa ini, tapi hormatilah saya juga… jangan seenaknya gitu dong… Males ah milih bapak lagi… Kecewa awak…