Membuat website dengan menggunakan PHP sudah cukup sering aku lakukan. Mulai dari yang secara kasar, kemudian dengan OOP terus akhirnya pake framework dan template engine.

PHP framework yang pernah aku coba adalah cakephp. Framework ini lumayan keren, eh sangat keren ding. Dengan cakephp ini, aku tidak perlu membuat script untuk menangani add, edit, delete dan update dari database. Sangat membantu, karena membuat kayak gituan ga susah sih, cuman banyak (hehehe ternyata aku baru sadar, aku lebih susah mencari solusi atas masalah daripada memakai solusi yang udah ada untuk bekerja). Terus masalah autentifikasi halaman (halaman ini untuk role ini) juga sudah disediakan. Tetapi tidak enaknya dengan framework ini adalah feel codingnya kurang terasa😛, semuanya dah disediakan olehnya.

Kemudian aku juga pernah make smarty. Smarty adalah template engine, yang memisahkan antara bussines logic dan presentation logic. Pertama kali nyoba beberapa bulan lalu, sempat bosan karena susah (hehehe aslinya malas baca manualnya). Terus kemarin aku make lagi untuk membuat tugas pemograman internet, akhirnya merasakan kekerenannya hehehe. Jadilah aku bisa membuat design class untuk mengembangkan web. Walaupun sederhana, tapi aku merasa class yang aku buat sudah cukup membuat sebuah web.

Akhirnya merasa cukup bosan membuat web dengan PHP, ingin mencari tantangan baru. Sedang berusaha belajar membuat web dengan JSP (dulu pernah pake ASP.NET tapi dah lupa). Ada keinginan juga untuk bisa membuat web service juga. Wew i still have a long journey…