Selama tahun 2011 ini ngomik.com, sebuah produk yang perusahaanku ciptakan yang idenya pengen menjadi penerbit digital dari karya-karya anak bangsa yang hebat-hebat di bidang komik, mendapatkan banyak sekali apresiasi. Ada banyak kompetisi yang memang lagi hype juga di tahun ini seperti iMulai, BubuAwards, dan SparxUp. Selain itu juga ikutan kompetisi lain seperti INAICTA tapi kali ini ngomik.com belum lolos. Sangat bangga melihat sebuah karya yang diciptakan dengan ide yang sederhana, adanya produk lain yang mirip, bug di sana sini namun bisa mendapatkan perhatian dan apresiasi dari banyak orang.

Selain lomba dan kompetisi, ngomik.com di tahun ini ketiban rezeki berupa adanya sponsor yang mau menanggung membantu pembiayaan hosting ngomik.com. Sungguh membantu mengingat saat ini ngomik.com belum menghasilkan uang yang banyak. Ngomik.com juga mendapatkan bantuan dari kawan lama yang menyediakan mekanisme pembelian komik premium dengan menggunakan pulsa. Aku jadi tahu ada banyak potensi yang bisa dikembangkan dari mekanisme mobile billing ini. Walau akhirnya di tahun ini ada hambatan berupa adanya kasus pencurian pulsa yang mengakibatkan semua mobile billing sempat dihentikan. Respon dari pasar ngomik.com awalnya sangat hangat dengan metode ini, namun dengan adanya kasus tersebut sempat membuatku takut mereka tidak percaya dan takut ngomik.com juga akan mencuri pulsa mereka.

Di tahun ini, aku juga akhirnya sempat ngobrol-ngobrol dengan investor. Dengan membawa konsep ngomik.com ini, akhirnya aku bisa memahami sedikit pola pikir investor (aku ingin jadi investor). Bagaimana investor berani untuk mengambil resiko mewujudkan suatu bisnis yang masih kecil hingga akhirnya bisa mendapatkan banyak uang kalau bisnis itu sukses, sungguh cemerlang. Namun hingga tutup tahun 2011, akhirnya aku masih belum mendapatkan investor, ada yang sudah sampai ke tahap berapa banyak uang yang mau dia investasikan namun tidak jadi.

Pelajaran yang aku dapat dari ngomik.com di tahun 2011 ini adalah sungguh menyenangkan menciptakan sesuatu yang bisa menyelesaikan masalah. Ngomik.com mencoba menyelesaikan masalah komikus yang kesulitan menerbitkan karyanya. Dengan menciptakan solusi ini aku bisa bertemu banyak orang, mulai dari juri kompetisi, teman-teman yang sama-sama entrepreneur, penerbit, komikus, orang yang ingin jadi komikus, hingga investor. Masing-masing memberu i cerita sendiri. Mulai dari cerita tentang produk sejenis yang dulu pernah ada namun gagal menghasilkan uang, cerita tentang bagaimana setelah rajin menerbitkan karya di ngomik.com akhirnya penerbit mengontak dia untuk menerbitkan karyanya dalam bentuk buku, hingga investor yang percaya bahwa produk ini memiliki prospek yang bagus ke depannya.

About these ads